<p>Pengembangan e-module berbentuk flipbook berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) materi sistem pencernaan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan berpikir kritis siswa kelas xi mipa di SMA Negeri 10 Malang / Mirdal Wahyu Khurul Aini</p>

Main Author: Aini, Mirdal Wahyu Khurul
Other Authors: 1. Ibrohim ; 2. Kennis Rozana
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Biologi , 2022
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=111942
Daftar Isi:
  • <p>Di era digital ini diperlukan bahan ajar yang mampu menunjang pembelajaran baik secara daring maupun luring. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan E-Module berbentuk Flipbook berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Materi Sistem Pencernaan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan berpikir kritis siswa kelas XI MIPA di SMAN 10 Malang. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitian kelas XI MIPA 4 sejumlah 36 siswa. Hasil validitas oleh validator ahli materi media dan praktisi lapangan secara berurutan yakni 100% 100% dan 98 5% yang dinyatakan valid. Hasil uji coba one to one trial small group trial field trial dan conduct a pilot test secara berurutan yakni 92 8% 91 2% 89 6% dan 88 7% yang dinyatakan praktis. Sedangkan untuk hasil implementasi diperoleh N-gain score sebesar 0 6 terhadap keterampilan proses sains dan berpikir kritis yang termasuk dalam kategori keefektifan sedang. Dari hasil analisis dan pembahasan dinyatakan bahwa E-Module berbentuk Flipbook berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Pencernaan valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan berpikir kritis siswa. Dengan demikian E-Module layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran.</p>