<p>Pengaruh lap winding dan wave winding dengan kawat tembaga hellenic terhadap kecepatan dan torsi motor power window toyota avanza / Risky Martha Ardiyan Kurniawan</p>

Main Author: Kurniawan, Risky Martha Ardiyan
Other Authors: 1. Imam Muda Naur ; 2. Fuad Indra Kusuma
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif , 2022
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=111936
Daftar Isi:
  • <p>Kendaraan bermotor adalah salah satu metode transportasi yang paling populer di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir terdapat salah satu jenis kendaraan dari pertama kemunculan tetap menjadi primadona masyarakat indonesia yaitu Toyota Avanza. Agar Toyota Avanza tetap menjadi primadona masyarakat Indonesia Toyota selaku produsen terus melakukan pembaruan baik pada sistem kelistrikan struktur mesin dan bodi. Power window adalah salah satu sistem kelistrikan yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan kaca pintu kendaraan hanya dengan menekan sebuah tombol. Dalam sistem kerja dari power window tidak lepas dengan yang namanya motor DC dimana motor DC digunakan sebagai pengganti pemutar untuk menggerakkan sistem pengangkat kaca. Dalam sistem kerja motor DC semakin lama motor DC digunakan maka akan dapat menurunkan kualitas dari motor DC tersebut dikarenakan pengaruh dari isolasi yang sudah mulai menipis maka perlu dilakukan rewinding untuk mengembalikan performa motor DC tersebut. Dalam proses rewinding ada dua jenis lilitan yang sering digunakan yaitu lap winding dan wave winding. Lap winding adalah jenis lilitan yang hubungan antar komutator dihubungkan dengan komutator terdekatnya. Sedangkan wave winding merupakan jenis lilitan yang dihubungkan dengan cara mencari ujung segmen dengan polaritas yang sama. Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan lap winding dan wave winding pada motor DC power window. Objek kendaraan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mobil Toyota AVANZA. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lap winding dan wave winding sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah kecepatan dan torsi. Dalam proses analisis data menggunakan metode statistik parametrik One Way Anova. Berdasarkan dengan hasil penelitian pada kecepatan wave winding memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan standar dan lap winding. Pada wave winding menghasilkan rata-rata kecepatan sebesar 8304 RPM sedangkan pada standar 7794 5 RPM dan lap winding 6802 25 RPM. Sedangkan pada hasil pengujian torsi antara standar lap winding dan wave winding tidak memiliki perbedaan yang signifikan dimana torsi terbesar yang di dapatkan diawal dari ketiganya hampir sama dengan lilitan standar sebesar 0 01041 Nm lap winding sebesar 0 0191 Nm dan wave winding 0 01197 Nm. Berdasarkan dengan hasil penelitian yang telah didapatkan dapat disimpulkan bahwa motor DC power window Toyota Avanza yang dilakukan rewinding dengan jenis wave winding memiliki hasil kecepatan lebih baik dan juga menghasilkan torsi yang awal yang tinggi sehingga pada saat digunakan akan dapat memulai reaksi awal lebih baik dibandingkan dengan lilitan standar dan lap winding.</p>