Pengembangan media pembelajaran scar (smart card augmented reality) berbasis android pada materi sistem pendinginan untuk siswa tkr di smk pgri 3 malang / Maulid Khoirul Afnan
Main Author: | Afnan, Maulid Khoirul Afnan |
---|---|
Other Authors: | 1. Drs. Imam Muda Nauri, S.t., M.t.; Drs. Sumarli, M.pd, M.t. |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
, 2022
|
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=111872 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membuat media pembelajaran SCAR (Smart Card Augmented Reality) untuk mata pelajaran Perawatan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) dengan materi kerangka pendingin untuk siswa TKR di SMK PGRI 3 Malang. Motivasi di balik tinjauan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran dan kemudian menguji kemungkinan media tersebut berdasarkan uji kelayakan narasumber pengajar uji kelayakan master media pendahuluan perkumpulan kecil dan pendahuluan perkumpulan besar. Ujian ini diarahkan menggunakan teknik RnD (Research and Development) yang diharapkan dapat menciptakan item baru melalui interaksi kemajuan. Hasil yang diperoleh dalam review ini adalah item aplikasi media pembelajaran memanfaatkan inovasi realitas diperluas skor yang didapat dari uji coba persetujuan ahli materi pembicara adalah 95 54% tes persetujuan master materi instruktur adalah 95 73% tes persetujuan master media adalah 91 37% pendahuluan sedikit pengumpulan 84 66% dan pengumpulan besar pendahuluan 91 14%. Informasi hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan sebesar 5 18% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran SCAR (Smart Card Augmented Reality) sangat berpengaruh terhadap sistem pembelajaran di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang.