Pengaruh hedonic consumption tendency terhadap online impulse buying melalui positive emotion pada flash sale marketplace shopee (studi pada generasi milenial di Kota Malang) / Yuliana Wulansari

Main Author: Wulansari, Yuliana
Other Authors: 1. Hj. Ita Prihatining Wilujeng
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen , 2022
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=111640
Daftar Isi:
  • nbsp Pada era modern saat ini telah menyebabkan perubahan perilaku berbelanja offline menjadi online sehingga platform e-commerce semakin ikut berkembang. Bahkan kegiatan berbelanja online sudah bukan lagi menjadi kebutuhan bagi masyarakat melainkan bisa menjadi hobi terutama bagi generasi millennial. Karena dengan berbelanja dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi diri sendiri sehingga konsumen memilih tempat berbelanja online yang menarik seperti Flash Sale Shopee. Dengan ketersediaan produk yang berbagai macam dan penawaran diskon besar atau hot deals membuat konsumen mudah untuk melakukan pembelian online secara spontan apalagi apabila dipengaruhi oleh suasana hati yang menyenangkan akan meningkatkan keinginan belanja yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hedonic Consumption Tendency terhadap Online Impulse Buying melalui Positive Emotion pada Flash Sale Marketplace Shopee (Studi pada Generasi Millennial di Kota Malang). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksplanatori. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah Online Impulse Buying (Y) dan variabel eksogen adalah Hedonic Consumption Tendency (X) sedangkan untuk variabel mediasi adalah Positive Emotion (Z). Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah generasi millennial di Kota Malang yang pernah melakukan online impulse buying pada flash sale marketplace Shopee. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 252 responden yang dihitung menggunakan infinite population. Kemudian uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan nilai loading fator lebih besar dari 0.6 dan average variance extracted lebih besar dari 0.5. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic consumption tendency berpengaruh positif dan signifikan terhadap online impulse buying dengan nilai sebesar 17 4% yang menggambarkan makna bahwa perilaku hedonic yang dimiliki konsumen dapat mempengaruhi pembelian impulsif pada flash sale marketplace Shopee kemudian positive emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap online impulse buying dengan nilai sebesar 36 4% yang menggambarkan makna bahwa emosi positif yang dimiliki konsumen dapat mempengaruhi keputusan pembelian impulsif pada flash sale marketplace Shopee lalu hedonic consumption tendency berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion dengan nilai sebesar 54 4% yang menggambarkan makna bahwa perilaku hedonic yang dimiliki konsumen dapat meningkatkan emosi positif pada saat berbelanja di flash sale marketplace Shopee dan hedonic consumption tendency berpengaruh positif dan signifikan terhadap online impulse buying melalui positive emotion dengan nilai sebesar 19 8% yang menggambarkan makna bahwa konsumen yang memiliki perilaku hedonic dan didukung oleh emosi positif dalam dirinya maka dapat mendorong pembelian impulsif pada flash sale marketplace Shopee. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat membandingkan penelitian ini dengan objek dan karakteristik responden yang berbeda.