Efektivitas pembelajaran kooperatif model Jigsaw terhadap prestasi belajar fisika kelas 1 SMU Negeri 3 Pamekasan pokok bahasan usaha dan energi / oleh Halimatus Sakdiyah

Main Author: Sakdiyah, Halimatus
Other Authors: 1. KOES, SUPRIYONO, 2. MUHARDJITO
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: UNIVERSITAS NEGERI MALANG. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA , 2007
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=11160
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSakdiyahH,a limatus.2 002.E fektivitasP embelajaranK ooperatiJM odelJ igsawterhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas I SMU Negeri 3 PamekqsunPokokB ahasan( lsahad an Energi.S kripsi,J urusanP endidikanF isikaFMIPA UniversitasN egeriM alang.P embimbing(l ) Drs. SupriyonoK oesHandayantMo,. Pd,M .A., (Il) Drs.M uhardjitoM, .S.Katak unci:p embelajarakno operatimf odejli gsaw,p restasbi elajarPemilihanrn etodep embelajarafins ikay angt epatd apatb erdarnpapko sitifterhadappr estasbi elajarf ,rsikas iswa.S elamain i metodep embelajarayna ngs eringdigunakaknh ususnyad i SMU Negeri3 Pamekasaand alahp embelajarankonvensionadle nganm etodec eramah.T emyatak urangm ampum eningkatkanprestasbie lajarf isika siswa.B erdasarkapne rmasalahatne rsebudt icobakanm etodepmbelajarank ooperatifm odelJ igsaw.Tujuanp enelitianin i adalahu ntuk mengetahuai pakahp restasbi elajarf isikasiswak elasI SMU Negeri3 Pamekasayna ngd iajar denganp embelajarakno operatifmodeJl igsawle bih tinggi daripaday angd iajar denganp embelajarakno nvensionaldalamp engajaranp okok bahasanu sahad an energi.Penelitianin i merupakanp enelitiane ksperimens emud enganr ancanganposttesot nly controlg roup design.P opulasdi alamp enelitianin i adalahs iswak elasISMUN egeri3 Pamekasapna dac awu2 tahunp elajaran2 00112002S.e bagasi ampelpenelitiaand alah8 0 orangs isway aitu kelas1 2( kelompokp embandingd) anI g(keiompoke ksperimen)T. eknik pengambilans ampesl ecaraa cak'kelompomk elaluiundidnM. asing-masinkge last erdiri dari 40 siswa,s ehinggajumlahk eseluruhansampe8l 0 siswa.D alamp elaksanaannykae, lompoke ksperimend iajard enganmetodep embelajarakno operatifm odelJ igsawd ank elompokp embandingd iajardengapne mbelajarakno nvensionadl enganm etodec eramahU. ji prasyarayt angdigunakaand alahu ji normalitasu, ji kesamaadnu a rata-ratad anu ji homogenitas.Sedangkaunji hipotesisnyma enggunakaunj i t pihakk anan.Dari hasila nalisisd iperoleht hit*e) t1u6"y1a,i tu 3,230> 1,667b erartip restasibelajarfi sikas iswaS MU Negeri3 Pamekasayna ngd iajard enganm etodepembelajarakno operatifmodeJl igsawl ebih tinggi daripaday angd iajar denganpembelajarakno nvensionadl enganm etodec eramahd alarnp engajaranp okokbahasauns ahad ane nergi.D engand emikiand apatd ikatakanb ahwap embelajarankooperatimf odelJ igsawl ebih efeklif untukm eningkatkanp restasbi elajarf isikasiswak elasI SMU Negeri3 Pamekasa