Pengaruh model guided discovery learning (gdl) berbantuan lkpd interaktif terhadap kemampuan menganalisis siswa kelas 4 muatan ipa tema 8 di SDN Krecek 1 kabupaten kediri pada pembelajaran daring / DANANG PRALAHARDO

Main Author: Pralahardo, Danang
Other Authors: 1. Esti Untari ; 2. Feril Irham Muzaki
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2022
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=111540
Daftar Isi:
  • Selama pandemi covid-19 kegiatan belajar kelas 4 SDN Krecek 1 dilaksanakan dari rumah dengan metode penugasan melalui soal-soal yang ada di buku. Siswa kurang tertarik dalam pembelajaran jarak jauh. Seharusnya pemanfaatan media interaktif yang ada di internet lebih dimaksimalkan. Seperti e-LKPD interaktif yang disediakan oleh website Liveworksheet.com. Keterampilan menganalisis merupakan salah satu kemampuan kognitif tingkat tinggi yang diajarkan pada siswa sekolah dasar. Keterampilan menganalisis dapat digunakan oleh siswa untuk mencari tahu informasi melalui sebuah kegiatan kemudian mengelompokkan informasi menjadi bagian yang lebih kecil. Hal ini berguna untuk melatih kemampuan menalar dan menganalisis siswa. Dalam suatu pembelajaran guru berperan penting dalam memandu kegiatan belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru ketika mengajar adalah guided discovery. Sintaks model guided discovery dapat membantu siswa dalam belajar dan mencari informasi sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Jenis rancangan penelitian quasi eksperimen menggunakan desain non equivalent control group design. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas 4 SDN Krecek 1 Kabupaten Kediri yang berjumlah 37 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok untuk kelas eksperimen dan kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dengan menghitung data hasil pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan paired sample t test dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 57 42 dan posttest kelas eksperimen adalah 74 79. Rata-rata pretest kelas kontrol adalah 62 78 posttest kelas kontrol adalah 68 94. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil N Gain score mendapatkan nilai rata-rata 37 75% pada kelas eksperimen dan 13 58% pada kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis data kelas eksperimen memperoleh nilai sig. 0 000 lt 0 05 dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima. Hasil pengujian hipotesis data kelas kontrol memperoleh nilai sig. 0 038 lt 0 05 dengan taraf kepercayaan 95% sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model guided discovery learning (GDL) berbantuan LKPD interaktif terhadap kemampuan menganalisis siswa kelas 4 muatan IPA tema 8 di SDN Krecek 1 kabupaten Kediri.