Hubungan kesadaran sejarah dengan partisipasi politik siswa kelas XII SMK N 7 Malang / Muhammad Hasmal Mahfud

Main Author: Mahfud, Muhammad Hasmal
Other Authors: 1. Joko Sayono
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Sejarah , 2022
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=110520
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesadaran sejarah dengan partisipasi siswa kelas XII SMKN 7 Malang tahun ajaran 2018-2019. Penelitian ini perlu dilakukan karena (1) kedua variabel adalah bagian dari tujuan pembelajaran sejarah sebagai penentu keberhasilan pembelajaran sejarah (2) terdapat akar hubungan antara kedua ilmu dasar sejarah dan politik (3) kondisi di SMKN 7 Malang berdasarkan observasi pendahuluan bahwa kesadaran sejarah siswa yang baik diikuti dengan partisipasi politik siswa yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi sanjaya yaitu penelitian yang dilakukan untuk mencari hubungan dua factor atau sekelompok subjek penelitian tanpa memberikan perlakuan atau intervensi. Dari populasi berupa seluruh siswa kelas 12 SMKN 7 Malang tahun ajaran 2018-2019 diambil 135 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan angket kesadaran sejarah dan angket partisipasi politik yang telah diuji validitas isinya oleh validator dan uji validitas product moment dan uji reabilitas menggunakan program IBM SPSS 21.Hasil uji analisis menggunakan program IBM SPSS 21 dengan uji korelasi kendall rsquo s tau dan rank spearman menunjukan nilai koefisien korelasi 0 154 (kendall rsquo s tau) dan 0 184 (rank spearman) dengan nilai sig (1-tailed) 0 008 (kendall rsquo s tau) dan 0 016 (rank spearman). Nilai koefisien korelasi termasuk pada tingkat hubungan yang rendah. Nilai koefisien korelasi berangka postif yang menunjukan hubungan bersifat positif atau searah. Nilai sig (1-tailed) lebih kecil dari 0 05 menunjukan bahwa hasil uji analisis signifikan.