Pengaruh metode mengajar, kreativitas guru, dan ketersediaan media dalam strategi pembelajaran di masa pandemi terhadap motivasi belajar siswa kelas xi tkj smk negeri 2 turen. / Nur Maulidiyah Butar-Butar
Main Author: | Butar-butar, Nur Maulidiyah Butar-butar |
---|---|
Other Authors: | 1. Dila Umnia Soraya, S.pd, M.pd; Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara, M.pd |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika
, 2022
|
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=109684 |
Daftar Isi:
- nbsp nbsp Butar B. M. N. 2021. Pengaruh Metode Mengajar Kreativitas Guru Dan Ketersediaan Media Dalam Strategi Pembelajaran Di Masa Pandemi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Turen. Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ir. Syaad Pathmantara M.Pd. (II) Dila Umnnia Soraya S.Pd. M.Pd. Kata Kunci metode mengajar kreativitas guru media motivasi belajar. nbsp Peningkatan motivasi belajar pada masa pandemi merupakan tantangan bagi seorang guru dan sekolah namun hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan dalam proses pembelajaran. Nilai pendidikan dapat ditatap sebagai sebuah kualifikasi atau hasil yang ditujukan oleh setiap butir penopang pendidikan. Kualitas pendidikan menjadi tantangan dari tahun ke tahun demikian juga di masa pembelajaran pandemi yang dilaksanakan secara daring dan luring terbatas untuk mengurangi pemaparan Covid-19. Ada banyak strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar saat pandemi salah satunya yakni metode mengajar kreativitas dan ketersediaan media yang difasilitasi oleh guru dan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan demi mengetahui pengaruh nbsp metode pembelajaran kreativitas guru dan ketersediaan media terhadap strategi pembelajaran pada masa pandemi terhadap motivasi belajar siswa XI TKJ SMK Negeri 2 Turen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Subyek penelitian ini adalah 70 siswa yang terbagi dalam dua kelas XI TKJ1 dan XI TKJ2. Alat surveynya adalah kuisioner online menggunakan aplikasi Google Forms. Metode analisis penelitian ini adalah uji yang terdiri dari analisis deskriptif uji normalitas uji multikolinearitas uji heteroskedasi uji parsial (T) dan uji simultan (F) yang diolah dengan bantuan program komputer nbsp SPSS25 untuk Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran dan kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengaruh metode pembelajaran positif berdasarkan t-hitung 2 528 gt t-tabel 1 996 dan signifikansi 0 014 lt 0 05 nbsp kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan dengan nbsp t-hitung 6 197 gt t-tabel 1 996 dan signifikansi 0 000 lt 0 05. Namun ketersediaan media memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap motivasi nbsp belajar siswa. Berdasarkan hasil tabel nbsp uji t nbsp variabel ketersediaan media nilai t-hitung (-0 950) lt t-tabel 1 996 dan signifikansi 0 346 gt 0 05. Berdasarkan tabel hasil hitung untuk f-hitung 32 480 gt f-tabel 2 744 dengan signifikansi 0 000 lt 0 05 yang menunjukan bahwa variabel metode mengajar kreativitas guru dan ketersediaan media secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hasil uji Koefisien determinasi R-kuadrat (R sup2 ) pengaruh metode pembelajaran kreativitas guru dan ketersediaan media terhadap motivasi belajar adalah 59 6% sedangkan sisanya nbsp 40 4% dipengaruhi oleh faktor lain. nbsp