Pola asuh orangtua dalam proses belajar bina diri siswa tunagrhaita di slb c autis negeri kedungkandang malang / Muhaammad Bagus Haryadi

Main Author: Haryadi, Muhaammad Bagus Haryadi
Other Authors: 1. Dr. H. Ahmad Samawi, M.hum; Drs. M. Shodiq Am, M.pd
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Luar Biasa , 2021
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=106948
Daftar Isi:
  • <p class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0cm; text-align: center; line-height: 150%;" align="center"><strong><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;">ABSTRAK</span></strong></p><p class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0cm; line-height: 150%;"><strong><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;">&nbsp;</span></strong></p><p class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0cm; text-align: justify; line-height: 150%;"><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;">Haryadi, Muhammad Bagus.2021. <em>Pola asuh Orangtua dalam proses Belajar <span style="mso-tab-count: 1;">&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </span>Bina Diri Siswa Tunagrahita di SLB C Autis Negeri Kedungkandang <span style="mso-tab-count: 1;">&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </span>Malang. </em>Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. M. Shodiq AM, M.Pd, (II) DR. Ahmad Samawi, Mhum.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0cm; text-align: justify; line-height: 150%;"><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;">&nbsp;</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0cm; text-align: justify; line-height: 150%;"><strong><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;">Kata Kunci : </span></strong><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;">Pola asuh, bina diri, tunagrahita.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0cm; text-align: justify; line-height: 150%;"><strong><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;"><span style="mso-tab-count: 1;">&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </span></span></strong><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;">Kegiatan pembelajaran tidak hanya diberikan oleh guru sebagai pendidik di sekolah untuk mengembangkan potensi anak, namun juga dibutuhkan peran orangtua terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Hasil observasi awal ditemukan adanya pola asuh orangtua terhadap pembelajaran bina diri siswa tunagrahita di SLB C Autis N Kedungkandang Malang.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0cm; text-align: justify; line-height: 150%;"><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;"><span style="mso-tab-count: 1;">&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </span>Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif studi kasus, pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.</span></p><p class="MsoListParagraph" style="margin: 0cm; mso-add-space: auto; text-align: justify; line-height: 150%;"><span lang="EN-US" style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman',serif;"><span style="mso-tab-count: 1;">&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </span>Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) pola asuh orangtua dalam proses belajar binadiri anak tunagrahita ringan yaitu mengarah pada pola asuh demokratis. 2) faktor penghambat orangtua saat mengasuh anak tunagrahita ringan dalam proses belajar bina diri yaitu <span style="mso-bidi-font-weight: bold;">anak kesulitan dalam menyebutkan kegiatan atau aktivitas yang sedang ia lakukan dan anak memiliki sifat yang manja menjadi hambatan orangtua dalam melatih anak untuk mandiri. 3) faktor pendorong orangtua </span>saat mengasuh anak tunagrahita ringan dalam proses belajar bina diri yaitu <span style="mso-bidi-font-weight: bold;">semangat serta dorongan yang kuat dari diri orangtua dalam memberikan pengasuhan untuk memandirikan anak terutama dalam hal melakukan aktivitas sehari-harinya yang berkaitan dengan bina diri anak.</span> </span></p>