pengaruh penggunaan media pembelajaran arvolcano terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas x sman 1 talun kabupaten blitar pada materi vulkanisme / lailatun nuroh
Main Author: | nuroh, lailatun nuroh |
---|---|
Other Authors: | 1. YUSWANTI ARIANI WIRAHAYU; 2. LISTYO YUDHA IRAWAN |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Geografi
, 2021
|
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=106009 |
Daftar Isi:
- <p class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; text-align: justify; text-indent: 1.0cm;"><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;">Media pembelajaran <em>ARVolcano </em>merupakan media dengan aplikasi <em>Augmented Reality</em> yang memuat materi vulkanisme meliputi proses pembentukan gunungapi, macam-macam erupsi <span style="mso-spacerun: yes;"> </span>dan tipe-tipe erupsi <span style="mso-spacerun: yes;"> </span>gunungapi. Aplikasi ini disertai dengan buku penunjang yang berfungsi sebagai marker dan memperkuat materi yang disajikan. Media <em>ARVolcano </em> memiliki keunggulan yaitu dapat menampilkan materi pembelajaran 3D yang seolah-olah nyata, desain menarik dan dirancang dengan memanfaatkan perkembangan teknologi serta dapat membuat proses pembelajaran lebih interaktif.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; text-align: justify; text-indent: 1.0cm;"><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media pembelajaran <em>ARVolcano </em>terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Talun </span><span lang="IN" style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black; mso-ansi-language: IN;">Kabupaten Blitar </span><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;">pada materi vulkanisme. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian <em>pretest-posttest control group design. </em>Penelitian dilakukan di SMAN 1 Talun, dengan subjek penelitian kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Jumlah siswa dalam 1 kelas yaitu 35 untuk kelas kontrol dan 36 untuk kelas eksperimen. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa yakni tes <em>essay </em>sebanyak lima soal. Analisis data menggunakan uji <em>independent sample</em> <em>t-test</em></span><span lang="IN" style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black; mso-ansi-language: IN;">. </span><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;">Data yang diolah </span><span lang="IN" style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black; mso-ansi-language: IN;">berasal dari </span><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;">hasil pretes dan postes kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata <em>gain score </em>kelas eksperimen 28,50 dan kelas kontrol 14,28. Hasil uji hipotesis terhadap kemampuan berpikir tingkat kritis diperoleh nilai 0,033 < 0,05 sehingga dapat dikatakan H</span><sub><span style="font-size: 7.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;">0</span></sub><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;"> ditolak dan H</span><sub><span style="font-size: 7.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;">a </span></sub><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;">diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran <em>ARVolcano</em> terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Talun pada materi vulkanisme.</span></p><p class="MsoNormal" style="margin-bottom: .0001pt; text-align: justify; text-indent: 1.0cm;"><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;">Dengan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini maka terdapat saran sebagai berikut: 1) Guru geografi disarankan</span><span lang="IN" style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black; mso-ansi-language: IN;"> menggunakan media pembelajaran interaktif untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 2</span><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 115%; font-family: 'Times New Roman','serif'; mso-fareast-font-family: 'Times New Roman'; color: black;">) Bagi peneliti lainnya, disarankan menggunakan media pembelajaran dengan teknologi <em>Augmented Reality </em>pada materi lainnya.</span></p>