analisis kesulitan siswa smp kelas viii dalam penyelesaian representasi masalah matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel (spldv) / siti rahma rifadena
Main Author: | rifadena, siti rahma rifadena |
---|---|
Other Authors: | 1. ERRY HIDAYANTO |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika
, 2021
|
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=105840 |
Daftar Isi:
- <p class="MsoListParagraph" style="margin: 0cm 0cm 0.0001pt; line-height: 150%; text-align: justify;"><span style="font-size: 12.0pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman','serif';">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan dan faktor yang menyebabkan kesulitan dalam merepresentasikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. <span style="background: white;">Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa SMP Negeri 1 Jambesari Darus Sholah kelas VIII dalam satu kelas yang terdiri dari 17 siswa,<span style="mso-spacerun: yes;"> </span>kemudian akan dipilih sebanyak 6 siswa.<span style="mso-spacerun: yes;"> </span></span>Instrumen dalam penelitian ini terdiri atas soal tes SPLDV, kuisoner, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kesulitan siswa dalam merepresentasikan terjadi karena adanya faktor yang menyebabkan kesulitan representasi. Pada representasi visual, siswa kurang teliti membaca dan kurang memahami soal, serta kurang tepat merepresentasikan informasi yang berada pada soal ke dalam bentuk visualnya. Pada representasi simbolik, siswa kurang memahami maksud dari soal, sehingga tidak dapat merepresentasikan informasi pada soal ke dalam bentuk simbolik. Pada representasi verbal, siswa kurang teliti dalam menafsirkan pertanyaan pada soal. Semua bentuk kesulitan terjadi karena ada faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu, matematika pelajaran sulit dipahami, tidak memahami materi SPLDV, SPLDV merupakan materi paling sulit, dan merasa bingung saat belajar matematika.</span></p>