Penerapan metode kodaly dalam meningkatkan keterampilan membaca notasi lagu di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri / Yuvan Adika Putra
Main Author: | Putra, Yuvan Adika |
---|---|
Other Authors: | 1. E.W Suprihatin Dyah Pratamawati; 2. Ika Wahyu Widyawati |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=104071 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Adika Putra, Yuvan. 2020. Penerapan Metode Kodaly dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Lagu di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. EW.Suprihatin Dyah P, M.Pd. (2) Ika Wahyu Widyawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: keterampilan, membaca notasi lagu, metode kodaly. Latar belakang dilaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates yaitu kurangnya keterampilan peserta didik dalam membaca notasi lagu. Hal tersebut menyebabkan ketidaktercapaian KKM (75). KKM ditetapkan oleh sekolah yaitu 75, tetapi yang tercapai baru 25% (8 peserta didik) dari 5 peserta didik. Guru Seni Budaya memberikan materi Seni Musik hanya bersumber dari buku paket BSE Seni Budaya dan tidak dibahas secara detail. Sehingga keterampilan membaca notasi peserta didik masih kurang, yang mengakibatkan keterampilan bernyanyi menjadi rendah. Metode pembelajaran yang digunakan guru antara lain: ceramah, diskusi, dan praktikum dengan materi berformat file powerpoint, sehingga peserta didik mudah bosan dan jenuh pada saat kegiatan pembelajaran daring dari rumah. Berdasarkan uraian permasalahan, peneliti menerapkan metode kodaly dalam pembelajaran Seni Budaya sub bidang Seni Musik pada materi membaca notasi lagu.Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca notasi lagu melalui penerapan metode kodaly pada peserta didik Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates.Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin, dengan tahapan: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian Kelas VIII-A berjumlah 35 orang. Pelaksanaan penelitian dilakukan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, dengan total 5 kali pertemuan. Siklus I sebanyak 2 kali pertemuan, sedangkan pada siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Analisis data diperoleh dari hasil wawancara dan lembar penilaian. Prosedur penelitian meliputi 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Sedangkan pada teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai diatas KKM (75) sejumlah 3 orang dengan persentase 8,6% dan peserta didik yang mencapai nilai dibawah KKM (75) sejumlah 32 orang dengan persentase 91,4%. Sedangkan pada siklus II peserta didik yang mencapai nilai diatas KKM (75) sejumlah 29 orang dengan persentase 82,9% dan peserta didik yang mencapai nilai dibawah KKM (75) sejumlah 6 orang dengan persentase 17,1%.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan metode kodaly dapat meningkatkan keterampilan membaca notasi hingga mencapai 82,9%. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan metode kodaly dalam materi membaca notasi lagu sebagai alternatif metode yang dapat digunakan setiap pembelajaran Seni Budaya sub bidang Seni Musik kelas VIII-A.