Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar geografi siswa kelas X SMAN 3 Wera Kabupaten Bima / Anas Munandar
Main Author: | Munandar, Anas |
---|---|
Other Authors: | 1. Sumarmi; 2. Dwiyono Hari Utomo |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Geografi
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=103675 |
Daftar Isi:
- Kata kunci: Model Pembelajaran problem based learning (PBL), Kemampuan Berfikir Kreatif, hasil belajar.Pendidikan merupakan dasar dari perubahan perilaku manusia. Sebab manusia dilahirkan di dunia dengan keadaan pengatahuan yang kosong atau tidak memiliki pengetahuan apapun. Ketika manusia berproses melalui pendidikan maka akan bisa menentukan pola pikir dalam kehidupan dan akan membawa manusia pada sifat kematanganya. Peran kemampuan berfikir kreatif yaitu meningkatkan Hasil belajar siswa. Kemampuan berfikir kreatif siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Hasil survei TIMMS menunjukan hanya 2% siswa mampu mengerjakan soal kategori high dan advance dan data PISA menunjukan berfikir kreatif siswa pada urutan 64 dari 65 negara. Kemampuan berpikir kreatif siswa ditandai dengan indikator antara lain, 1. kefasihan 2. fleksibilitas 3. orisinalitas 4. elaborasi . Gaya berfikir suatu keterampilan yang melekat pada diri siswa. Hasil belajar adalah prestasi dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individu maupun team. Model pembelajaran PBL merupakan sebuah model yang memiliki keunggulan dan kelebihan dalam proses pembelajaran untuk diterapkan pada peserta didik. PBL terbukti dapat melatih siswa untuk melakukan proses berpikir kreatif. Sintaks PBL yang dijalankan sesuai dengan langkah-langkah yang benar akan menjadikan proses pembelajaran yang efektif dan efisien.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap berpikir kreatif dan pengaruh model pembelajaran PBL terhadap Hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah pada artikel nasional. Pengaruh penelitian-penelitian yang menerapkan pembelajaran PBL dianalisis dengan teknik meta-analisis.. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan model PBL dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan model konvensional. Subyek dalam penelitian, siswa kelas X SMAN 3 Wera Kab. Bima. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif, (2) Model PBL tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (3) Model berpengaruh secara simultan antar kemampuan berfikir kreatif terhadap hasil belajar siswa SMA N 3 Wera Kabupaten Bima kemampuan bepikir kreatif. Berdasarkan hasil meta analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran problem based learning berbasis terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di SMAN 3 Wera Kabupaten Bima. Hal tersebut di lihat dari nilai rhitung dan nilai rtabel pada meta analisis yang menunjukan bahwa rat-rata nilai rhitung > dari rtabel