Nilai Pendidikan Islam Film Animasi Upin dan Ipin dalam Membentuk Perilaku Islami Anak di Kelurahan Tinanggea

Main Author: Rahmad, Rahmad
Format: Article info
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari , 2015
Online Access: http://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/372
http://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/372/357
Daftar Isi:
  • Begitu susahnya mengajar dan membuat siswa bersemangat belajar,atau jika menggunakan perspektif siswa sendiri, betapa sulitnyamenumbuhkan semangat belajar dalam diri, karena proses panjangdalam pembelajaran akan memunculkan berbagai macam masalahyang dapat menghalangi tercapainya tujuan pendidikan yang hendakdicapai. Proses pembelajaran yang tidak singkat itu membutuhkanbermacam cara dan inovasi yang dapat menumbuh kembangkansemangat dan kreativitas pelajar maupun pengajar, sehingga seorangpengajar benar-benar memperhatikan proses pentransferan ilmupengetahuan dan nilai-nilai budi pekerti yang luhur. Penelitian iniadalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Subjekpenelitian ini adalah anak usia 5-12 di kelurahan Tinanggea,Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan. Adapaun teknikpengambilan sampelnya menggunakan snowball sampling. Hasilpenelitian: 1. Film animasi Upin dan Ipin adalah sebuah film yangkaya akan nilai moral, dakwah dan Pendidikan Islam didalamnya,yang bertujuan untuk memahamkan anak-anak secara khusus, muslimpada umumnya tentang ajaran agama Islam. 2. Film animasi Upin danIpin terbilang efektif dalam membentuk perilaku Islam bagi anak, initerlihat banyak perubahan pola fikir dan pola sikap anak-anak diKelurahan Tinanggea setelah menonton Film animasi Upin dan Ipin.Kata Kunci: Nilai Pendidikan Islam, Film animasi, Perilaku Islami