PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTUR : IKHTIAR MEMPERKOKOH ARAS INTEGRASI

Main Author: Alifuddin, Muhammad
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari , 2011
Online Access: http://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/136
http://ejournal.iainkendari.ac.id/shautut-tarbiyah/article/view/136/89
Daftar Isi:
  • Multikulturalisme menunjuk pada suatu kenyataan, bahwa tidakseorangpun yang dapat hidup dalam sebuah budaya saja. Dengandemikian, tuntutan terhadap hubungan antar manusia, etnik, budayadan agama yang dibangun atas dasar kasih, saling percaya dan rasasaling memahami antara satu dan yang lainnya menjadi niscaya.Mengingat prinsip keragamaan atau prinsip etnisitas pada masingmasingkelompok, akan mudah menimbulkan percikan-percikankonflik lantaran adanya beberapa perbedaan yang prinsipil darimasing-masing kelompok yang hidup di tengah masyarakat, makamultikulturalisme sejatinya dikemas dalam ranah pendidikan.Pengejawantahan nilai-nilai multikultur melalui jalur pendidikanbaik formal maupun informal dipandang efektif mengingat nilaitersebut terkait erat dengan problem sikap dan mental, maka takayal lagi pendidikan terlebih khusus pendidikan agama akanmenjadi sangat strategis dalam upaya memperkuat aras integrasi ditengah ancaman maraknya gerakan radikalisme. Pembumianwawasan multikultur lewat jalur pendidikan merupakan ikhtiar suciuntuk melatih dan membangun iman dan logika siswa agar mampubersikap demokratis, humanis dan pluralis dalam merespon segalakeadaan dan situasi yang terjadi lingkungan dimana merekaberinteraksi.Kata Kunci : Pendiddikan, multikultur, integritas