EFEKTIFITAS METODE GARDENING CLASS SEBAGAI MEDIA EDUKASI GIZI BAGI ANAK USIA DINI PADA PAUD DI KOTA KUPANG
Main Author: | Tedju Hinga, Indriati Andolita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Stikes CHMK
, 2019
|
Online Access: |
http://cyber-chmk.net/ojs/index.php/sains/article/view/520 http://cyber-chmk.net/ojs/index.php/sains/article/view/520/176 |
Daftar Isi:
- Children are a group that is vulnerable to the risk of malnutrition because most nutrients are used for growth and physical development. Unbalanced food consumption patterns are a major factor in nutrition problems. NTT is the province with the highest prevalence of malnutrition and stunting in Indonesia. Increased knowledge and awareness about nutrition can be done early through media-based nutrition education, one of which is the gardening class method. This study aims to determine the effectiveness of the gardening classes method to increase the knowledge and interest of children consuming vegetables and fruit at Fajar Kasih Preschool and Cinta Bangsa Preschool in Kupang City. The method used was pre-experiment with one-group pretest posttest research design. The sampling technique used was total sampling, namely 38 respondents. The data obtained were analyzed using paired-sample T-test. The results of this study indicate that the gardening classes method is effective in increasing the knowledge and interest of children consuming vegetables and fruits with a significance value (ρ)0.00<(α)0.05. Gardening class methods are highly recommended as one of the effective learning media in nutrition education for children. Keywords: Gardening Class, Nutrition Education Media, Children
- Anak merupakan kelompok yang rentan risiko kurang gizi karena sebagian besar nutrisi digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan fisiknya. Pola konsumsi pangan yang tidak seimbang merupakan faktor utama persoalan gizi. NTT merupakan propinsi dengan angka prevalensi gizi kurang dan stunting tertinggi di Indonesia. Peningkatan pengetahuan dan kesadaran tentang gizi dapat dilakukan sejak dini melalui pendidikan gizi berbasis media, salah satunya dengan metode Gardening class (kelas berkebun). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Gardening class terhadap peningkatan pengetahuan dan minat anak mengkonsumsi sayur dan buah pada PAUD Fajar Kasih dan PAUD Cinta Bangsa di Kota Kupang. Metode yang digunakan adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian one-group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yaitu 38 orang responden. Data dianalisis menggunakan uji T-test berpasangan (paired-sample T-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Gardening class efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan minat anak mengkonsumsi sayur dan buah dengan nilai signifikansi (ρ)0,00<(α)0,05. Metode Gardening class sangat direkomendasikan sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif dalam pendidikan gizi pada anak. Kata Kunci: Kelas Berkebun, Media Pendidikan Gizi, Anak