PENGARUH PATRONAGE BUYING MOTIVES TERHADAP PROSES KEPUTUSAN WISATAWAN MENGUNJUNGI ARGO WISATA DAN WANA WISATA DI SUMATERA UTARA

Main Author: Pasaribu, Fajar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL RISET AKUNTANSI & BISNIS , 2016
Subjects:
Online Access: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/view/457
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/view/457/pdf_85
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Patronage BuyingMotives yang terdiri atas lokasi, suasana, fasilitas, harga, dan kualitas pelayanan karyawan/personel terhadap proses keputusan wisatawan berkunjung ke Agrowisata dan Wanawisata di Sumatera Utara. Selain itu, untuk mengetahui pula skala prioritas pengelolaan terhadap Patronage Buying Motives. Penelitian ini menggunakan metode explanatory survey. Populasi penelitian adalah wisatawan yang berkunjung ke Agrowisata dan Wanawisata di Sumatera Utara. Teknik sampling yang digunakan adalah judgment sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan metode multiple regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa patronage buying motives berpengaruh terhadap proses keputusan wisatawan untuk mengunjungi Agrowisata dan Wanawisata di Sumatera Utara. Sedangkan urutan pengaruh unsur-unsur Patronage Buying Motives terhadap proses keputusan wisatawan berkunjung adalah lokasi, suasana, kualitas pelayanan karyawan/personel, harga, dan fasilitas. Urutan ini menunjukkan pula skala prioritas pengelolaan terhadap unsur-unsur patronagebuying motives.