Analisis Anteseden Komitmen Organisasional Motivasi Layanan Publik dan Kinerja Layanan Dalam Sektor Publik

Main Authors: Rumapea, Melanthon; Universitas Methodist Indonesia Jln. Hang Tuah No. 8 Kec. Medan Polonia 20151, Nainggolan, Arison; Universitas Methodist Indonesia Jln. Hang Tuah No. 8 Kec. Medan Polonia 20151
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/view/3307
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/view/3307/pdf_146
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji persepsi pegawai mengenai organisasi (PPO), hubungan kerja dengan atasan (HKDA), pengembangan karir (PK) dan tuntutan akuntabilitas (TA) merupakan faktor-faktor yang mendorong timbulnya komitmen organisasional (KO) dan motivasi layanan publik (MLP), serta menguji apakah motivasi layanan publik (MLP) dan komitmen organisasional (KO) mempengaruhi signifikan pada kinerja (K). Setelah dilakukan analisis statistik ditemukan bahwa terdapat hubungan signifikan motivasi layanan publik (MLP) terhadap kinerja (K), namun tidak terdapat hubungan signifikan komitmen organisasional (KO) terhadap kinerja (K). Sementara itu, tuntutan akuntabilitas (TA) tidak mempengaruhi signifikan komitmen organisasional (KO), berbeda halnya terhadap motivasi layanan publik (MLP), tuntutan akuntabilitas (TA) berpengaruh signifikan terhadap motivasi layanan publik (MLP). Hubungan kerja dengan atasan (HKDA) terhadap komitmen organisasional dan motivasi layanan publik berpengaruh signifikan. Berbeda halnya dengan hubungan pengembangan karir (PK) terhadap komitmen organisasional (KO) dan motivasi layanan publik (MLP), tidak ditemukan hubungan signifikan terhadap kedua variabel ini. Persepsi pegawai mengenai organisasi (PPO) berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional (KO) dan motivasi layanan publik (MLP).