KEBIJAKAN PEMBINAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK BANDUNG BERDASARKAN SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK

Main Author: Senjaya, Oci
Format: Article info Observasi; Pengamatan; Wawancara; Studi Pustaka application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Kajian Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Singaperbangsa Karawang , 2018
Subjects:
Online Access: https://journal.unsika.ac.id/index.php/jurnalilmiahhukumdejure/article/view/2178
https://journal.unsika.ac.id/index.php/jurnalilmiahhukumdejure/article/view/2178/1703
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnak merupakan makhluk sosial yang mempunyai hak setara dengan makhluk lainnya, oleh karena itu tidak ada setiap manusia atau pihak lain yang boleh merampas hak atas hidup dan merdeka tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan yuridis-normatif. Jenis penelitiannya adalah deskriptif karena dimaksudkan untuk menggambarkan kondisi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak, dan cara pembinaannya Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan khusus anak (LPKA). Alat dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian Pelaksanaan pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan di lembaga pemasyarakatan khusus anak (LPKA) pada umumnya telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sarana dan prasarana di lembaga pemasyarakatan khusus anak (LPKA) harus dioptimalkan, dan tetap ada kendala. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam proses pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan yang sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.Kata Kunci: Kebijakan, Pembinaan Anak, Lembaga Pembinaan Khusus Anak.ABSTRACTChildren are social beings who have equal rights with other creatures, therefore there is not every human or other party who may usurp the right to life and independence. The research method used is qualitative, with a juridical-normative approach. The type of research is descriptive because it is intended to describe the conditions in the Child Development Institution, and how to guide it. This study uses qualitative methods. The focus of the research is fostering Correctional Students in Child Correctional Institutions (LPKA). Tools and data collection used in this study are secondary data. The data is then analyzed using qualitative analysis techniques with interactive analysis models. Based on the results of the research The implementation of Guidance for Children in Correctional Institutions for special children (LPKA) in general has been in accordance with the laws and regulations, facilities and infrastructure for child correctional institutions (LPKA) must be optimized, and constraints remain, efforts made to overcome obstacles in the process of fostering correctional students in accordance with the mandate of Law Number 11 of 2012 concerning Children Criminal Justice System.Keywords: Policies, Child Development, Special Child Development Institutions.