STRATEGI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Main Authors: | Fatwa, Alyan; Universitas Negeri Semarang, Djuniadi, Djuniadi; Universitas Negeri Semarang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Politeknik Harapan Bersama
, 2016
|
Online Access: |
http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/smartcomp/article/view/311 http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/smartcomp/article/view/311/305 http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/smartcomp/article/downloadSuppFile/311/79 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat media pembelajaran berbasis teknologiinformasi dan komunikasi pada pembelajaran matematika di kurikulum 2013 pokok bahasan persamaandanfungsikuadrat, serta mengetahui sejauh mana pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologiinformasi dan komunikasi pada pembelajaran matematika di kurikulum 2013 pokok bahasanpersamaandanfungsikuadrat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitiandanpengembangan (research and development).Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakanmodel ASSURE.Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas X program keahlian Akuntansi di SMKNegeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal yang berjumlah 115 orang. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa SMK Negeri 1 Dukuhturi tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 356 orang siswa. Padapenelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 25 orang siswa. Dalam penelitian ini sampel diambildengan cara non random dimana tidak setiap siswa berhak untuk dijadikan sample. Dalam penelitian iniTeknik non random sampling yang dipakai adalah Quota sampling yaitu cara pengambilan sampel denganmenetapkan jumlah subyek yang akan diteliti.Strategi pembelajaran ini disusun menggunakanstrategiblended learningyang menyajikan materi persamaandanfungsikuadrat. Dari hasil validasi dan ujicoba diperoleh hasil bahwa media pembelajaran berbentukaplikasimodel ini berada dalam kategori validdan praktis.Kata kunci : blended learning, hasil,belajar