Peran intensitas bermain game online dan pola asuh permisif orangtua terhadap tingkat agresivitas pada remaja awal di Kota Denpasar
Main Authors: | Permana, I Made Dian, Tobing, David Hizkia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48671 https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48671/28967 |
Daftar Isi:
- Kebiasan bermain game online diminati tidak hanya oleh anak-anak, remaja, bahkan juga dewasa. Remaja memiliki keinginan yang tinggi untuk menghabiskan waktu bersama teman sebayanya. Keinginan ini dapat mengakibatkan remaja memiliki intensitas yang tinggi pada game online, serta memungkinkan lebih banyak terpapar konten kekerasan yang dapat memicu timbulnya agresivitas. Perilaku agresif bisa dikurangi dengan melibatkan peran keluarga dalam mendidik anak. Pendidikan berkaitan dengan pola asuh. Pola asuh yang kurang memiliki kendali dan kurangnya aspek hukuman dalam kejelasan komunikasi orangtua dengan anak disebut pola asuh permisif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah intensitas bermain game online dan pola asuh permisif orangtua berperan terhadap meningkatnya agresivitas pada remaja awal di kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pemilihan subjek menggunakan cluster sampling. Subjek berjumlah 80 orang, terdiri dari 61 laki-laki dan 19 perempuan dengan rentang 15-18 tahun yang rata-rata usia 15,85 tahun dan mayoritas berusia 16 tahun. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji regresi ganda. Penelitian menggunakan 3 alat ukur, yaitu Skala Intensitas Bermain Game Online berdasarkan pengertian Chaplin, Nashori, Blinka dan Smahel dengan reliabilitas 0,872, Skala Pola Asuh Permisif berdasarkan aspek Baumrind dengan reliabilitas 0,866, dan Skala Agresivitas berdasarkan bentuk agresivitas menurut Johnson dan Medinnus dengan reliabilitas 0,941. Signifikansi hasil uji regresi ganda sebesar 0,000 (p<0,05), berarti intensitas bermain game online dan pola asuh permisif berperan terhadap agresivitas. Koefisien regresi sebesar 0,566 berarti intensitas bermain game online dan pola asuh permisif cukup berperan terhadap tingkat agresivitas. Koefisien determinasi sebesar 0,320 berarti intensitas bermain game online dan pola asuh permisif menentukan 32% taraf agresivitas. Kata kunci: Agresivitas, game online, intensitas bermain game online, pola asuh permisif.
- It is not only kids or teenagers but also adults like playing online games. Adolescents always want to spend most of their time with their friends. It leads them to have a high intensity to play online games as well as be exposed by violent content which lead aggressiveness. Aggressive behavior can be minimized by involving the role of family in educating children. Education is related to parenting. Parenting which has lack of control and punishment is called permissive parenting.The current study aims to find out whether the intensity of playing online games and permissive parenting have a role in the increase of aggressiveness of adolescent in Denpasar. Quantitative method and cluster sampling were applied. There were 80 subjects that consisted of 61 men and 19 women around 15-18 years old with average age was 15.85 years old and the majority was 16 years old. Multiple regression analysis was applied as the hypothesis testing technique. The study used three measuring instruments, there were intensity scale of playing online games based on the definition of Chaplin, Nashori, Blinka and Smahel with reliability of 0.872, permissive parenting scale based on Baumrind’s aspect with reliability of 0.866, and aggressiveness scale based on the form of aggressiveness according to Johnson and Medinnus with reliability of 0.941. The significance of multiple regression test results of 0.000 (p <0.05) which means the intensity of playing online games and permissive parenting contribute to aggressiveness. The regression coefficient of 0,566 means the intensity of playing online games and the permissive parenting have sufficient contribution to the level of aggressiveness. The coefficient of determination of 0.320 means the intensity of playing online game and permissive parenting determines 32% of the level of aggressiveness. Keywords: Aggressiveness, online games, intensity of playing online games, permissive parenting.