Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama
Main Authors: | Saputra, I Made Riantama Adi, Suarya, Luh Made Karisma Sukmayanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48622 https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48622/28938 |
Daftar Isi:
- Gangguan psikofisiologis merupakan gangguan fisik yang disebabkan oleh faktor-faktor psikologis terutama stres. Gangguan psikofisiologis memfokuskan perhatian pada hubungan kausal satu arah pada interaksi antara psike dan soma, atau dampak dari faktor psikologis secara negatif terhadap kondisi medis secara umum. Bagi sebagian individu, pendidikan kedokteran dipersepsikan sebagai keadaan yang penuh dengan stres. Adanya stres akademik pada mahasiswa kedokteran, khususnya mahasiswa kedokteran tahun pertama memiliki konsekuensi yang merugikan terhadap kondisi kesehatan, seperti kecenderungan gangguan psikofisiologis. Hardiness merupakan sekumpulan trait dari karakteristik kepribadian yang menjadi sumber perlawanan ketika individu berhadapan dengan peristiwa yang penuh dengan stres. Adanya hardiness pada mahasiswa kedokteran tahun pertama akan membantu untuk mengatasi stres akademik secara efektif sehingga tidak mengarah pada kecenderungan gangguan psikofisiologis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mengetahui peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sebanyak 158 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Udayana dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Warmadewa digunakan sebagai subjek dalam penelitian ini. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Somatic Symptom Scale–8, Skala Gangguan Psikofisiologis, Skala Stres Akademik, dan Skala Hardiness. Hasil uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan nilai koefisien parameter individual stres akademik sebesar 0,727 dengan signifikansi 0,028 (p<0,05), yang berarti stres akademik berperan seacara signifikan terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis, selanjutnya nilai koefisien parameter individual moderasi Hardiness sebesar -0,003 dengan signifikansi 0,348 (p>0,05), yang berarti Hardiness tidak berperan secara signifikan dalam memperkuat ataupun memperlemah hubungan antara stres akademik terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis. Kata Kunci: Stres Akademik, Hardiness, Kecenderungan Gangguan Psikofisiologis Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama
- Psychophysiological disorder is physical disorders which caused by psychological factors especially stress. Psychophysiological disorder focus attention on one way causal relationships on the interactions between psyche and soma, or effects of psychological factors negatively on general medical conditions. For some individuals, medical education is perceived as a stressful condition. The existence of academic stress in first-year medical students has adverse consequences on their health, such as psychophysiological disorder tendencies. Hardiness is constellation of personality characteristics that becomes the source of resistance when the individual faced with a stressful situation. The existence of hardiness in first-year medical students will help to resolve academic stress effectively that will not lead to the psychophysiological disorders tendencies. This research is a quantitative study to determine the role of academic stress and hardiness on tendency of psychophysiological disorder at first-year medical students. Sampling is done by simple random sampling technique. A total of 158 students from Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Udayana and Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Warmadewa were used as subjects in this study. Measuring tools which used of this study are Somatic Symptom Scale–8, Psychophysiological Disorder Scale, Academic Stress Scale, and Hardiness Scale. The Moderated Regression Analysis (MRA) test results showed value of individual parameters coefficient of academic stress equal to 0.727 with significance value of 0.028 (p <0.05), which mean that academic stress has a significant role to psychophysiological disorder, then value of individual parameter coefficient of moderate hardiness equal to -0.003 with significance value of 0.348 (p <0.05) which mean that hardiness has not have a significant role in strengthen or weaken relationship between academic stress on the psychophysiological disorders tendencies. Keywords: Academic Stress, Hardiness, Psychophysiological Disorder Tendencies, First Year Medical Students