Peran Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kecenderungan Kreativitas dalam Menulis Karya Ilmiah pada Siswa SMA yang menjadi Anggota Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) di Denpasar

Main Authors: Pawitri, Ni Made Abi, Widiasavitri, Putu Nugrahaeni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana , 2019
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/47158
https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/47158/28336
Daftar Isi:
  • Kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah adalah kecenderungan individu untuk menghasilkan suatu karya ilmiah yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan yang bermakna yang bersifat unik, baru, tidak terpikirkan oleh orang lain sebelumnya, orisinal, dan bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Terwujudnya kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah tidak terlepas dari faktor-faktor internal yang memengaruhinya seperti efikasi diri dan motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah pada siswa SMA yang menjadi anggota KIR di Denpasar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah siswa yang menjadi anggota KIR dari SMA Negeri 3 Denpasar, SMA Negeri 4 Denpasar, dan SMA Katolik Santo Yoseph Denpasar berjumlah 150 orang. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecenderungan Kreativitas dalam Menulis Karya Ilmiah, Skala Efikasi Diri, dan Skala Motivasi Berprestasi. Hasil uji regresi berganda menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,825 dan koefisien determinasi sebesar 0,681, dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), yang berarti efikasi diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berperan terhadap kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah dan memberikan pengaruh sebesar 68,1%. Efikasi diri memiliki signifikansi 0,000 (p<0,05) sehingga berperan terhadap kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah dan motivasi berprestasi memiliki signifikansi 0,000 (p<0,05) sehingga berperan terhadap kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah. Kata kunci: Kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah, efikasi diri, motivasi berprestasi
  • Tendency of creativity in writing a scientific work is an individual tendency to produce a scientific works that is poured into the form of writing which is unique, new, never thought by anyone else before, original, and beneficial for surrounding environment. Realization tendency of creativity in scientific works can't separate dari internal factors that influence it such as self efficacy and achievement motivation. This research is meant for discovering the role of self efficacy and achievement motivation towards the tendency of creativity in writing scientific works on senior high school students that becomes the member of YSC in Denpasar. Sampling is done with cluster random sampling technic. Respondent in this research is student that join YSC from SMAN 3 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, and SMA Katolik Santo Yoseph aggregate 150 person. Measuring tools that used is Tendency of Creativity in Writing Scientific Work Scale, Self Efficacy Scale, and Achievement Motivation Scale. The results of multiple regression test shows that the coefficient regression is 0.825 and the coefficient determination is 0,681, with significance of 0.000 (p <0.05), that means self efficacy and achievement motivation together have a role in tendency of creativity in writing scientific works and give influence 68,1%. Self efficacy has significance 0,000 (p<0,05) so it has role in tendency of creativity in writing scientific works and achievement motivation has significance 0,000 (p<0,05) so it also has role in tendency of creativity in writing scientific works. Keywords: Tendency of creativity in writing scientific work, self efficacy, achievement motivation.