PERAN PROBLEM FOCUSED COPING DAN KONSEP DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA AKHIR YANG MENJADI PENGURUS ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

Main Authors: Tri Semaraputri, Sang Ayu Ketut, Rustika, I Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/39274
https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/39274/23761
Daftar Isi:
  • Pada mahasiswa yang menjadi pengurus organisasi, dibutuhkan penyesuaian diri yang baik agar tercapai keseimbangan antara bidang akademik dengan organisasi. Tantangan yang dihadapi ketika melakukan penyesuaian diri adalah banyaknya hal baru yang harus disesuaikan secara bersamaan. Penyesuaian diri merupakan proses yang berlangsung secara terus-menerus sepanjang hidup individu. Aspek mental ini tidak dibawa sejak lahir, melainkan terbentuk karena banyak faktor. Penggunaan strategi problem focused coping memengaruhi individu untuk berfokus pada masalah sehingga penyelesaian masalah dapat dilakukan dengan baik dan terarah, hal ini berkontribusi terhadap penyesuaian diri yang baik. Konsep diri yang positif memengaruhi penyesuaian diri yang baik karena individu mengetahui tentang dirinya sehingga mampu mencapai keharmonisan antara diri dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran problem focused coping dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada remaja akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah 150 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2015 yang menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Instrumen penelitian ini adalah skala problem focused coping, skala konsep diri, dan skala penyesuaian diri. Hasil uji regresi berganda menghasilkan nilai R sebesar 0,728 (F=82.876; p<0,05) yang berarti problem focused coping dan konsep diri secara bersama-sama berperan terhadap penyesuaian diri. Koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,530 yang berarti problem focused coping dan konsep diri secara bersama-sama memiliki sumbangan efektif sebesar 53% terhadap penyesuaian diri. Problem focused coping memiliki nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,477 (t= 7,634; p<0,05) yang berarti problem focused coping memiliki peran yang siginifikan terhadap penyesuaian diri. Konsep diri memiliki nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0,382 (t= 6,099; p<0,05) yang berarti konsep diri memiliki peran yang signifikan terhadap penyesuaian diri.   Kata Kunci: Problem focused coping, konsep diri, penyesuaian diri, remaja akhir
  • Student who became an administrator of student organization need a well self-adjustment so academics and organization can be harmony. The challenges is student who became an administrator of student organization had to adjust a lot of new things at the same time. Self-adjustment is a process that occur continuously through the human life. That aspect not carried be born, but are formed due many factors. Problem focused coping strategy predispose human to focus on solving a problem that can be well and directional, this contributing to a well self-adjustment. Positive self-concept predispose well self-adjustment because human know who they are to achieve harmonization between them self and environment. The purpose of this research to know the role of problem focused coping and self-concept toward self-adjustment of late adolescent. The subject of this research are 150 students in Faculty of Medicine Udayana University 2015 generation who became an administrator of student organization in Faculty of Medicine Udayana University. The instrument in this research are problem focused coping scale, self-concept scale, and self-adjustment scale. The result of multiple regression test show the coefficient of R is 0,728 ((F=82.876; p<0,05) so it can be mentioned that problem focused coping and self-concept are conjunctly contributes to self-adjustment. Determination coefficient is 0,530 it means problem focused coping and self-concept are conjunctly contributes as much as 53% to self-adjustment. Standardized Beta coefficient of problem focused coping is 0,477 (t= 7,634; p<0,05) which conclude that problem focused coping is contribute to self-adjustment. Standardized Beta coefficient of self-concept is 0,382 (t= 6,099; p<0,05) which conclude that self-concept is contribute to self-adjustment. Keyword: Problem focused coping, self-concept, self-adjustment, late adolescent