PERAN SELF REGULATED LEARNING DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA REMAJA AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA YANG PERNAH MENJADI FINALIS BALI PAGEANTS

Main Authors: Liana Puspita, Syntia Agung, Rustika, I Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/39265
https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/39265/23755
Daftar Isi:
  • Pencapaian prestasi akademik yang tinggi merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi remaja yang pernah mengikuti ajang Bali Pageants. Keberhasilan mencapai prestasi yang tinggi berkaitan dengan self regulated learning dan juga konsep diri. Self regulated learning adalah kemampuan individu untuk mengatur disiplin diri dalam belajar, sedangkan konsep diri  merupakan kemampuan seorang menilai kekuatan dan kelemahan dalam diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self regulated learning dan konsep diri terhadap prestasi akademik pada mahasiswa remaja akhir. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa remaja akhir FK UNUD yang pernah menjadi finalis ajang Bali Pageants. Hasil uji regresi berganda adalah R=0,385 dan koefisien determinasi sebesar 0,148. Hal ini menunjukkan variabel self regulated dan konsep diri secara bersama-sama berperan sebesar 14,8% terhadap prestasi akademik. Koefisien beta terstandarisasi self regulated learning sebesar 0,405 dan signifikansi 0,012 (p<0,05) menunjukkan self regulated learning berperan secara signifikan terhadap prestasi akademik. Koefisien beta terstandarisasi konsep diri sebesar -0,034 dan signifikansi 0,827 (p>0,05) menunjukkan konsep diri tidak berperan terhadap prestasi akademik.   Kata kunci: prestasi akademik, self regulated learning, konsep diri, remaja akhir, finalis Bali Pageants
  • High academic achievement is a important needs for adolescents who joined Bali Pageants event. A success to get high academic achievement is related with self regulated learning and self concept. Self regulated learning is how people dicipline themselves when study, therefore self concept is how people judge their strength and weakness. This study aimed to explore the role of self regulated learning and self concept to the academic achievement in late adolescent students. The subject for this study are late adolescent students of Faculty of Medicine Udayana University who was a finalist in Bali Pageants. The results of multiple regression analysis is R=0,385 and R2=0,148. This shows  that variable of self regulated learning and self concept conjunctly contributes as much as 14,8% to academic achievement. Standardized beta coefficient of self regulated learning showed the value of 0,45 and significance 0,012 (p<0.05), which concluded that a self regulated learning is contribute to the academic achievement. Standardized beta coefficient of self concept showed the value of -0,034 and significance 0,827 (p>0.05), which concluded that a self concept doesn't contribute to the academic achievement. Keyword: academic achievement, self regulated learning, self concept, late adolescents, Bali Pageants finalist.