CITRA TUBUH PADA REMAJA PENYANDANG TUNADAKSA YANG MENEMPUH PENDIDIKAN DI SEKOLAH UMUM
Main Authors: | Prima Dewi, I Gusti Ayu Jayanthi, Widiasavitri, Putu Nugrahaeni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
, 2018
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/37132 https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/37132/22495 |
Daftar Isi:
- Pada saat remaja mengalami masa pubertas, remaja cenderung fokus pada bentuk tubuhnya dan memiliki keyakinan deskriptif dan evaluatif terkait dengan penampilan yang disebut dengan citra tubuh. Setiap remaja pasti menginginkan tubuh yang sempurna, namun terdapat remaja yang tidak mendapatkan tubuh sempurna karena memiliki keterbatasan fisik, seperti yang dialami oleh penyandang tunadaksa. Remaja penyandang tunadaksa akan menemukan permasalahan ketika bersekolah di sekolah umum yang akan berpengaruh terhadap citra tubuh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk mengetahui gambaran dan faktor yang memengaruhi citra tubuh pada remaja penyandang tunadaksa yang menempuh pendidikan di sekolah umum. Wawancara dan observasi dilakukan pada tiga orang remaja penyandang tunadaksa yang menempuh pendidikan di sekolah umum, serta kepada significant others dari masing-masing responden. Hasil yang diperoleh setelah menganalisis data dengan teknik theoretical coding dan Model Miles dan Huberman, antara lain terdapat remaja penyandang tunadaksa yang memiliki citra tubuh negatif dan ada yang memiliki citra tubuh yang lebih positif. Remaja penyandang tunadaksa dengan citra tubuh negatif mempersepsikan tubuhnya kurang ideal, berpikiran negatif, malu, menghindar dari situasi tertentu, tidak terlalu puas dengan bentuk tubuhnya, serta ingin bisa berjalan. Remaja penyandang tunadaksa dengan citra tubuh yang lebih positif memiliki pikiran yang lebih positif, percaya diri, senang berkegiatan di luar rumah, mau memulai pertemanan, dan bersyukur atas apa yang telah dimiliki, walaupun masih menginginkan tubuh yang berotot. Hal tersebut dipengaruhi oleh bagaimana perlakukan orang disekitar, keberadaan orang dengan kondisi yang sama, beryukur atau tidaknya atas kondisi yang dimiliki saat ini, kondisi tunadaksa yang dialami sejak atau setelah masa kanak-kanak, serta dukungan dari orangtua. Kata kunci: tunadaksa, sekolah umum, citra tubuh, remaja
- During puberty, adolescents tend to focus on body shape and has a descriptive and evaluative beliefs associated with the appearance of the so-called body image. Any adolescents would want a perfect body, but there are adolescents who do not get a perfect body, because of physical limitations, such as that experienced by a disabled people. Adolescents with physical disability will find problems when attended public schools that will affect the body image. This study is a qualitative research with phenomenological approach that aims to describe body image and factors that influence body image in adolescents with physical disability who takes education in public schools. Interviews and observations conducted in three adolescents with physical disability who takes education in public schools, as well as the significant others of each respondent. The results obtained after analyzing the data with theoretical coding, and models Miles and Huberman, are adolescents with physical disability have a negative body image and there is a more positive body image. Adolesents with physical disability who have a negative body image, percieve their body is less than ideal, have a negative thought, shy, away from certain situations, not too happy with their body shape, and want to be able to walk. Adolescents with physical disability who have more positive body image, have more positive thoughts, confident, happy doing activities everywhere, want to start a friendship, although it still wanted a muscular body. It is influenced by how people around treat them, existance of people with the same condition, grateful or not on conditions currently owned, disability experienced since or after childhood, as well as the support from their parents. Keyword: physical disability, public school, body image, adolescent