PERAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA SISWA SMP KELAS VII DI KECAMATAN TABANAN
Main Authors: | Sukasari, Putu Indah, Ari Wilani, Ni Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Sarjana Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
, 2018
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/37131 https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/37131/22494 |
Daftar Isi:
- Penyesuaian diri di sekolah adalah kemampuan individu dalam menghadapi perubahan pada lingkungan sekolah yang baru dan di dalamnya terdapat usaha untuk mencapai hubungan harmonis antara tuntutan lingkungan sekolah yang baru dengan tuntutan yang berasal dari dalam diri individu. Penyesuaian diri di sekolah dipengaruhi oleh faktor lingkungan teman sebaya dan konsep diri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri di sekolah pada siswa SMP kelas VII di Kecamatan Tabanan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII di Kecamatan Tabanan yang diwakili oleh SMP Negeri 1 Tabanan sebanyak 308 subjek. Metode pengambilan data menggunakan skala dukungan sosial teman sebaya, skala konsep diri, dan skala penyesuaian diri di sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan two stage cluster sampling. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan F=77,030; dengan signifikansi 0,000 (p<0,05) hal ini berarti bahwa dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri secara bersama-sama berperan terhadap penyesuaian diri di sekolah. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,336 artinya sumbangan efektif dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri di sekolah sebesar 33,6% sedangkan sisanya sebesar 66,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: dukungan sosial teman sebaya, konsep diri, penyesuaian diri di sekolah, siswa SMP kelas VII
- Personal adjustment at school is the ability of individuals in the face of changes in the new school environment in which there is an attempt to achieve a harmonious relationship between the demands of new school environment and the demands that comes from within the individual. Personal adjustment at school is influenced by environmental factors of peers and self concept. This study aimed to look at the role of peers social support and self concept to the personal adjustment at school in Junior High School students of grade VII in Tabanan District. The subjects were Junior High School students of grade VII in the District of Tabanan represented by SMP Negeri 1 Tabanan totaling 308 subjects. The instruments in this study were peers social support scale, self concept scale, and personal adjustment at school scale. The sampling technique used a two stage cluster sampling. The results of multiple regression analysis showed F=77,030, with sig. 0,000 (p<0,05) indicating that peers social support and self concept jointly contributed to the personal adjustment at school. The coefficient of determination (R Square) was 0,336 meaning an effective contribution of peers social support and self concept to the personal adjustment at school was 33,6% and the remaining 66,4% was influenced by other factors which not examined in this study. Keywords: peers social support, self concept, personal adjustment at school, junior high school students of grade VI