EFEK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU BERPACARAN REMAJA DI SMAN 5 KOTA TEGAL
Main Authors: | Qudriani, Meyliya; Politeknik Harapan Bersama, Umriaty, Umriaty; Politeknik Harapan Bersama |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/1193 http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/1193/pdf_7 http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/downloadSuppFile/1193/494 |
Daftar Isi:
- Media social dapat mempengaruhi perilaku dari penggunanya, dari pengaruh yang baik sampai pengaruh yang buruk. Dampak baik media social diantaranya penunjang untuk menumbuhkan minat belajar, mencari informasi tentang pendidikan, Sedangkan pengaruh buruk mengakses media social dan kurangnya pengawasan dalam menggunakan media social dapat mengakibatkan penyalahgunaan dalam mengakses media social, diantara mengakses situs-situs yang berbau pornografi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh paparan media sosial terhadap perilaku berpacaran pada remaja di SMA 5 Kota Tegal.Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional dengan populasi penelitian siswa SMA 5 Kota Tegal kelas XII dengan jumlah 223 responden. Sampel yang digunakan sejumlah 99 responden yang didapatkan menggunakan teknik sampling simple random sampling.Hasil penelitian paparan media social sebagian besar berdampak pada perilaku negative 79 responden (79,8%). Responden yang pernah melakukan pacaran 73 responden (73,3%), dengan gaya berpacaran 18 responden yang pernah melakukan ciuman (18,2%), 11 responden yang pernah bercumbu dengan pasangannya (11,1%) dan 1 responden pernah melakukan hubungan seksual dengan pasangannya (1%). Namun, jika dilihat dari perilaku berpacaran sebagian besar mempunyai perilaku yang tidak beresiko 77 responden (77,8%). Hasil Uji Chi Square didapatkan p value 0,039. Kata Kunci: Media Sosial, Pacaran