PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI MELALUI STRATEGI INDEKS CARD MATCH (MENCARI PASANGAN) DI KELAS V SD NEGERI RAPAMBINOPOKA DESA LALOMBONDA KEC. LALONGGASUMEETO KAB. KONAWE

Main Author: Samrin, Samrin
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari , 2015
Online Access: http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-izzah/article/view/94
http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-izzah/article/view/94/85
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa padabidang studi pendidikan agama Islam melalui strategi indeks card match(mencari pasangan). Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakahstrategi indeks card match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswapada bidang studi pendidikan agama Islam di kelas V SD NegeriRapambinopoka Desa Lalomboda Kec.Lalonggasumeeto Kab. Konawe.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukandengan dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari dua kali tatap mukaPeneliti berperan sebagai pengamat terhadap proses pembelajaran bidang studipendidikan agama Islam di kelas V dalam penerapan strategi indeks card match,yang dilaksanakan oleh guru pendidikan agama Islam.Hasil penelitin menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus Ipertemuan pertama persentase aktivitas siswa yang masuk dalam kategorisangat aktif dan aktif sebesar 58% dan siswa yang berada pada kategoricukup aktif dan kurang aktif sebesar 42%. kemudian pad pertemuan ke duamengalami peningkatan dimana siswa yang sangat aktif dan aktif sebesar76% sedangkan untuk siswa yang masuk dalam ketegori cukup aktif dankurang aktif sebesar 24%. Pada siklus II pertemuan pertama siswa yangberada pada kategori sangat aktif dan aktif sebesar 82% dan siswa yangberada pada karegori cukup aktif dan kurang aktif sebesar 18%. Kemudianpada pertemuan ke dua kategori siswa yang sangat aktif dan aktifmeningkat menjadi 94% dan siswa yang berada pada karegori cukup aktifhanya 6%. Sedangkan hasil belajar siswa manunjukkan bahwa siswa yangtuntas kegiatan pembelajarannya pada siklus I sebanyak 12 orang atau 71%dan siswa yang tidak tuntas kegiatan pembelajarannya sebanyak 5 orangatau 29%. Kemudian hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru mengalamipeningkatan pada siklus II dimana siswa yang tuntas kegiatanpembelajarannya sebanyak 15 orang atau 88% dan siswa yang tidak tuntaskegiatan pembelajarannya sebanyak 2 orang atau 12%.Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Strategi, Indeks Card Match.