PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG BAHAYA NAPZA DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL JANNAH KELURAHAN PAHANDUT SEBERANG KOTA PALANGKA RAYA
Main Authors: | Carolina, Meilitha; Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Eka Harap Palangka Raya, Rahayu, Septian Mugi; Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Eka Harap Palangka Raya, Resti, Elin Ria; Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Eka Harap Palangka Raya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STIKES Sari Mulia
, 2016
|
Online Access: |
http://ojs.dinamikakesehatan.stikessarimulia.ac.id/index.php/dksm/article/view/118 http://ojs.dinamikakesehatan.stikessarimulia.ac.id/index.php/dksm/article/view/118/97 |
Daftar Isi:
- Latar Belakang: Hasil penelitian Sholihah (2014) mengatakan, pengetahuan merupakan aspek kognitif yang diidentifikasi berperan penting dalam penyalahgunaan, berupa rendahnya pengetahuan tentang NAPZA.Berdasarkan survei yang didapatkan di Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Kelurahan Pahandut Seberang Kota Palangka Raya, masih banyak siswa yang belum mengetahui bahaya NAPZA.Tujuan Penelitian: Menganalisis pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan siswa tentang bahaya NAPZA di Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Kelurahan Pahandut Seberang Kota Palangka Raya.Metode Penelitian Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre eksperimental. Rancangan penelitian yang dipilih adalah one-group pra-post test design. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 51 orang serta diuji dengan uji statistik Wlicoxon.Hasil Penelitian: Berdasarkan uji statistik pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan menunjukkan nilai significancy P value < nilai α dengan tingkat significancy α = 0,05. Nilai significancy menggunakan uji Wlicoxon diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengetahuan responden dengan P value 0,000 < 0,05.Kata Kunci: Pendidikan kesehatan, tingkat pengetahuan, NAPZA.