MENDIASPORA NILAI-NILAI FILOSOFIS RELIGIUS PUISI KONTEMPORER PADA SISWA DI SEMUA TINGKATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Main Author: | Sukrin, Sukrin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Mandala
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/746 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/746/753 |
Daftar Isi:
- Pengajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah disetiap tingkatan mengalami distrorsi pengajaran disebabkan karena masih disatukan mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia,sehingga hal inilah menjadikan salah satu kegagalan pendidikan nasional dalam menerapkan konsep pendidikan berkrakter karena telah banyak mengabaikan pendidikan yang bercorak humanis melalui pendidikan sastra Idonesia,maka seyogyanya pemerintah untuk menjadikan mata pelajaran bahasa Indonesia tersendiri dan mata pelajaran Sastra Indonesia tersendiri pula agar tidak terjadi dikotomi pembelajaran dan dengan demikian guru menjadi fokus bertanggungjawab dalam proses pengajaran,sehingga mata pelajaran Sastra Indonesia dengan leluasa mentrasformasikan pada peserta didik nilai-nilai moral dan religius.Peran guru sastra menanamkan nilai religius filosofis melalui puisi agar tercipta rasa humanis dan berkarakter lemah lembut pada peserta didik.