Meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Materi Penulisan Huruf Kapital dengan Pola Latihan Berjenjang pada Siswa Kelas V SDN Semundal Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Haeriyati, Haeriyati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Mandala , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/732
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/732/746
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berawal dari rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana Meningkatkan hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Penulisan Huruf Kafital dengan Pola Latihan Berjenjang pada Siswa Kelas V SDN Semundal Tahun Pelajaran 2017 /2018 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi permasalah yang ada di dalam kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus , jumlah siswa 21 orang. Hasil belajar dari siklus I menuju siklus II terus menunjukkan peningkatan Jika melihat perbandingan hasil belajar dari siklus I menuju siklus II terus menunjukkan peningkatan hasil belajar, pada siklus I di peroleh nilai rata – rata 67,42 meningkat pada siklus II menjadi 88,85 meningkat sebesar 21,43 poin kemudian jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 13 orang atau persentase sebesar 62 % , meningkat pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 orang atau persentase sebesar 95% terjadi peningkatan sebesar 33 poin Maka dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penulisan huruf kafital dengan pola latihan berjenjang dalam paragraf di kelas V dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Semundal tahun pelajaran 2017 / 2018.