Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Penjaskes Peserta didik Kelas VI Di SD Negeri 22 Ampenan Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning (CL) Tipe STAD Semester Dua Tahun pelajaran 2018/2019

Main Author: Darsana, Darsana
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Mandala , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/721
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/721/732
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan cooperative learning (CL) tipe STAD dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar penjaskes Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 22 Ampenan. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi Peserta Didik untuk meningkatakan aktivitas belajar yang berdampak meningkatnya hasil belajar Peserta Didik.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,57) dan hasil observasi Peserta Didik mencapai skor rata-rata (4,60). Sedangkan dampak dari peningkatan motivasi belajar adalah meningkatnya perolehan hasil belajar Peserta Didik mencapai nilai rata-rata (88,61), artinya indikator keberhasilan (> 4,0) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II