Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan pada Siswa Kelas VI Semester I SDN 2 Tanak Awu Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Salmah, Siti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Mandala
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/711 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/711/698 |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VI SDN 2 Tanak Awu pada Materi Perkembangbiakan tumbuhan melalui metode Demonstrasi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data dari dua siklus dapat dijelaskan; pada siklus I, tingkat keberhasilan atau ketuntasannya masih rendah yaitu sebesar 68 % dengan kategori cukup dan nilai rata-rata 68. Dalam pelaksanaa pembelajaran pada siklus II harus ada perubahan dan peningkatan untuk mencapai tingkat keberhasilan maksimal. KKM untuk mata pelajaran IPA kelas VI semester I adalah 65, yang tuntas belajar pada siklus I adalah 19 orang siswa dengan persentase 68% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 13 orang atau persentase sebanyak 32%, kemudian ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan sebesar ≥ 80%. Berdasarkan evaluasi pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa nilai rata – rata yang diperoleh sebesar 78 . Jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 31 orang atau persentase sebesar 97% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 1 orang atau dengan persentase sebesar 3% ini dikarenakan siswa sudah terbiasa dengan metode study lapangan sehingga siswa tidak jenuh dan tidak bosan dengan pelajaran yang disampaikan guru . kemudian ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan sebesar ≥ 80%. Sudah tercapai maka penelitian ini dihentikan sampai pada siklus Jika dibandingkan hasil belajar pada siklus I ke siklus II menunjukkan hasil yang cukup signifikan dimana pada siklus I nilai rata–rata diperoleh sebesar 68 kemudian meningkat pada siklus II sebesar 78 terjadi peningkatan sebesar 10 poin begitu juga jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 19 orang siswa atau persentase sebesar 68 % kemudian meningkat pada siklus II yang tuntas belajar sebanyak 31 orang atau persentase sebesar 97 % terjadi peningkatan sebesar 29 poin , begitu juga dengan ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan juga sudah tercapai yaitu sebesar ≥ 80% , maka dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Demonstrasi mempunyai berpengaruh positif terhdapa peningkatan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumhan pada siswa SDN 2 Tanak Awu Tahun Pelajaran 2017/2018.