Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Dengan Menerapkan Model Dua Tinggal Dua Tamu Di SD Negeri 27 Ampenan Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Rohyatun, Rohyatun
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/573
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/573/556
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model Duo TT An Competitive Prise dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri 27 Ampenan. Manfaat penelitian ini adalah mendorong siswa untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok (kognitif) dan bersosiolisasi dengan teman sebagai dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Dan bagi guru meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan saintifik dan strategi discovery learning dalam pembelajaran kerja kelompok (kooperatif) dengan metode diskusi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru sebesar 4,71 hasil observasi Siswa mencapai skor rata-rata (4,23). Sedangkan perolehan hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata (89,06), artinya indicator keberhasilan (> 4,0) dan hasil belajar (> 75,00) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.