PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE-A MATCH DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SDN TIMUK GAWAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Abdurrahim, Abdurrahim |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/363 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/363/351 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru atau tidak bervariasi, dimana guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga motivasi peserta didik dalam pembelajaran sangat kurang. Model pembelajaran Make-A Match berbeda dengan pengajaran langsung yang selama ini diterapkan oleh guru di SDN Timuk Gawah. Di samping model pembelajaran Make-A Match yang efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial peserta didik yang tidak dapat ditemui pada metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Make-A Match untuk meningkatkan pemahaman PKn pada siswa kelas IV SDN Timuk Gawah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan, observervasi dan refleksi. Hasil penelitian didapatkan peningkatan prestasi belajar siswa melalui penggunaan model Make-A Match pada siswa kelas IV SDN Timuk Gawah tahun pelajarn 2016/2017. Dimana pada siklus I didapatkan ketuntasan belajar siswa mencapai 76,47% atau 13 siswa tuntas dan terjadi peningkatan pada siklus yaitu ketuntasan belajar mencapai 94% atau 16 siswa tuntas