Pendampingan Penyelesaian Soal Berbasis Masalah pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang

Main Authors: Putri Rosyadi, Alfiani Athma, Susanti, Reny Dwi, Dintarini, Mayang, Ummah, Siti Khoiruli
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/253
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/253/244
Daftar Isi:
  • Abstrak; Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pendampingan penyelesaian soal berbasis masalah pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari: a) persiapan, b) pendampingan, c) Implementasi, dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa SMK Muhamamadiyah Malang yang lulus tes awal penjaringan awal olimpiade tingkat sekolah. Hasil kegiatan pengabdian ini berupa hasil kerja siswa selama proses pendampingan, lembar observasi selama proses kegiatan pendampingan dan evaluasi hasil pendampingan. Hasil dari pengabdian ini adalah kegiatan pendampingan yang di dalamnya terdapat langkah-langkah: a) Analisis pendahuluan, b) penyusunan soal pemecahan masalah, c) Kegiatan pendampingan, d) kegiatan akhir yang berupa refleksi kegiatan