Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas V SDN Penedapa Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso Propensi Sulawesi Tengah
Main Author: | Lapase, Manawia H |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Mandala
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1087 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1087/1036 |
Daftar Isi:
- PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe. sedangkan manfaatnya untuk mendapatkan teori- teori baru untuk menjadi refleksi penelitian selanjutnya . Kajian ini menggunakan metode PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2x pembelajaran . Sebagai subjek dalam PTK ini adalah siswa kelas V semester I. Sumber data yang diperoleh dalam PTK ini hasil dari siswa kelas V, hasil observasi oleh teman sejawat dan dokumentasi siswa – siswi . Pengumpulan data diperoleh dengan melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran dan pelaksanaan obsevasi terhadap kegiatan guru dan siswa dalam pembelajaran Sebagai alat pengumpulan data digunakan soal tes , lembar obsevasi dan dokumentasi nilai siswa. Data difentalasi dan divalidasikan dari nilai siswa secara kontilatif hasil dari tersebut hasil belajar mereka kumpulkan dalam daftar nilai . Hasil nilai siswa pada masing- masing tatap muka pembelajaran. Data yang telah diverlidasi dianalisis dengan mencari keberhasilan dan kegiatan pembelajaran dengan mencari NTT-N-TR dari pada belajar siswa. PTK ini merupakan dalam dua siklus setiap siklus dilalsanakan dalam 4 tahap . Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini ketuntasan belajar pertatap muka pertama 50 persen. Siswa belajar pada tatap muka dua 65 persen siswa tuntas mencapai KKM Dengan demikian rata – rata siswa mencapai ketuntasan, siklus 1 Sedangkan siswa pada siklus ke dua siswa ketuntasan mencapai Dengan demikian dalam siklus kedua rata- rata 71+78,75 /2 = 149,75= 74,88 %