Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Materi Aktivitas Ekonomi Yang Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam Dan Potensi Didaerahnya Dengan Model Student Facilitator And Explaining Siswa Kelas IV Semester II SDN Karang Tengak Kec. Kopang Tahun Pelajaran 2018/2019
Main Author: | Zaeni, Zaeni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Mandala
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1040 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/1040/993 |
Daftar Isi:
- Untuk membangkitkan semangat belajar maka dalam pelajaran IPS harus memilih metode yang tepat. Metode yang di pilih dalam pembelajaran harus metode dengan pendekatan yang berpusat pada siswa sehingga siswa merasa lebih terdorong untuk turut aktif dalam pembelajaran. Pendekatan Student facilitator and Explaining merupakan pendekatan dengan konsep dasar yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari pemikiran tentang bagaimana metode pembelajaran diterapkan berdasarkan teori tertentu. Pada materi Pentingnya Koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan yang di ajarkan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Tengak Kecamatan Kopang pendekatan Student facilitator and Explaining di rasa tepat sehingga akan di gunakan dalam penelitian ini sebagai cara untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Pentingnya Koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan . Permasalahan yang di angkat dalam PTK ini adalah Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pentingnya Koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan Melalui Pendekatan Student facilitator and Explaining di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Tengak Kecamatan Kopang Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Dengan Pendekatan Student facilitator and Explaining yang telah dilaksanakan maka terdapat peningkatan Semangat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pentingnya Koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Tengak Kecamatan Kopang . Terbukti dari data hasil belajar pada siklus 1 nilai rata rata yang siswa mencapai 72,1 Dan hasil rata rata nilai siswa yang pada siklus 2 ini mencapai 77,5. Dapat di simpulkan bahwa penggunaan Pendekatan Student facilitator and Explaining dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS materi Pentingnya Koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan .