PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KALIMAT EFEKTIF DALAM PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI KEGIATAN PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 AMBALAWI KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Supriadin, Supriadin
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2018
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/99
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/99/96
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambalawi kabupaten Bima tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Tahap siklus I antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, sedangkan siklus II yaitu melaksanakan tahapan yang ada pada siklus I dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I. Data dalam penelitian ini berupa nilai tes uji kompetensi menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi yang diberikan pada tiap akhir siklus, dan adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambalawi kabupaten Bima tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukannya tindakan, hasil belajar siswa pada materi menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi hanya mencapai 30% atau belum mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan walaupun belum mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan >70%, dengan ketuntasan klasikal sebesar 55.6%. Pembelajaran pada siklus II dilaksanakan dengan memperhatikan hasil refleksi pada siklus I agar tujuan pembelajaran tercapai. Pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 92%. Berdasarkan hasil tersebut, kegiatan atau pembelajaran menulis kalimat efektif dalam paragraf argumentasi melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambalawi kabupaten Bima tahun pelajaran 2014/2015 mengalami peningkatan.