Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA, PPKn, Matematika Peserta Didik Kelas VI-B SD Negeri Model Mataram Semester satu Tahun 2015/2016 Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning (CL) Tipe STAD

Main Author: ARYANTHI, G. AYU
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2016
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/85
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/85/82
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan cooperative learning (CL) tipe STAD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar IPA, PPKn, dan Matematika Peserta Didik Kelas VI-B SD Negeri Model Mataram. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi Peserta Didik untuk meningktakan motivasi belajar yang berdampak meningkatnya hasil belajar Peserta Didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,21) dan hasil observasi Peserta Didik mencapai skor rata-rata (4,06). Sedangkan dampak dari peningkatan motivasi belajar adalah meningkatnya perolehan hasil belajar Peserta Didik mencapai nilai rata-rata (83,21), artinya indikator keberhasilan (> 4,0) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II