Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VII.2 Semester Satu Tahun 2016/2017 Dengan Mengoptimalkan Penerapan Model Discoveri Learning Di SMP Negeri 4 Mataram

Main Author: Saelendra, Ni Nyoman
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2016
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/82
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/82/79
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Saintifik model Discovery Learning dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik kelas VII.2 SMP Negeri 4 Mataram. Manfaat penelitian ini adalah mendorong peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok (kognitif) dan bersosiolisasi dengan teman sebagai dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Dan bagi guru meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan saintifik Model discovery learning dalam pembelajaran kerja kelompok (kooperatif). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru pada pertemuan kedua memperoleh skor rata-rata (4,29) dan hasil observasi Peserta didik pertemuan kedua mencapai skor rata-rata (4,65). Sedangkan dampak dari peningkatan motivasi belajar adalah meningkatnya perolehan hasil belajar Peserta didik mencapai nilai rata-rata (81,63), artinya indicator keberhasilan (> 4,0) dan hasil belajar (> 75,00) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.