Mengoptimalkan penerapan Model discovery learning di SD Negeri 19 Cakranegara Untuk Meningkatkan Motivasi dan hasil belajar Agama Katolik Dan Budi Pekerti Peserta Didik kelas V Semester Dua tahun pelajaran 2017/2018

Main Author: Sriharyanti, RR Caecilia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/668
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/668/656
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Saintifik model Discovery Learning dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar Agama Katolik dan Budi Pekerti Peserta didikKelas VSD Negeri 19 Cakranegara. Manfaat penelitian ini adalah mendorong peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok (kognitif) dan bersosiolisasi dengan teman sebagai dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Dan bagi guru meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan saintifik Model discovery learning dalam pembelajaran kerja kelompok (kooperatif). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru pada pertemuan kedua memperoleh skor rata-rata (4,47) dan hasil observasi Peserta didik pertemuan kedua mencapai skor rata-rata (4,38). Sedangkan hasil belajar Peserta didik mencapai nilai rata-rata (86,63), artinya indicator keberhasilan (> 4,0) dan hasil belajar (> 75,00) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II