Upaya Meningkatkan Aktifits dan Hasil Belajar Penjaskes Peserta Didik kelas V.B Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Model Jigsaw di SD Negeri 19 Cakranegara
Main Author: | Florida, Maria |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/655 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/655/647 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan cooperative learning (CL) tipe Jigsaw dalam upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Penjaskes Peserta didik kelas V.B SD Negeri 19 Cakranegara. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi peserta didik untuk meningktakan aktifitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,30) dan hasil observasi peserta didik mencapai skor rata-rata (4,35). Sedangkan hasil belajar peserta didik adalah mencapai nilai rata-rata (92,83), artinya indikator keberhasilan (> 75,00) telah terlampaui. Karena indikator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.