PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MATERI SHALAT SISWA KELAS VII-3 SMPN 3 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Main Author: | Mucharrofah, Hj. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/61 http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/61/58 |
Daftar Isi:
- Agar mendapatkan suatu gambaran tentang isi atau materi dalam penelitian Tindakan Kelas ini yang berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran agama isla materi solat siswa kelas VII-3 smpn 3 mataram Tahun Pelajaran 2013-2014, maka dilakukan penelitian tindakan kelas ,penulis memberikan suatu abstraksi sebagaimana yang telah terkandung dalam penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat mempengaruhi ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran agama isla materi solat siswa kelas VII-3 smpn 3 mataram Tahun Pelajaran 2013-2014? Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus. Model siklus yang digunakan meliputi 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 komponen yaitu : Rencana tindakan yang akan dilakukan dan sikap sebagai solusi, Tahap pelaksanaan tindakan, (apersepsi, bagian inti, dan kegiatan penutup), Observasi, Refleksi, Berdasarkan hasil refleksi ini peneliti bersama guru melakukan revisi perbaikan terhadap rencana awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yang semula 33,33% pada siklus II menjadi 96,86 % Berarti keberhasilan pembelajaran Agama Islam menerapkan model pembelajaran group investigation sudah baik dan di atas standart ketentuan yang diisyaratkan.