MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I DENGAN MENERAPKAN MODEL DUA TINGGAL DUA TAMU SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 44 CAKRANEGARA

Main Author: Rusnawati, Rusnawati
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/466
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/466/451
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model Duo TT An Competitive Prise dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas I SD Negeri 44 Cakranegara. Manfaat penelitian ini adalah mendorong siswa untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok (kognitif) dan bersosiolisasi dengan teman sebagai dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Dan bagi guru meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan saintifik dan strategi discovery learning dalam pembelajaran kerja kelompok (kooperatif) dengan metode diskusi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru sebesar 4,43 hasil observasi Siswa mencapai skor rata-rata (4,56). Sedangkan perolehan hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata (80,86), artinya indicator keberhasilan (> 4,0) dan hasil belajar (> 70,00) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.