UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU KELAS DALAM PENYUSUNAN RPP SEMESTER SATU TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DI SD NEGERI 37 MATARAM MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS KKG

Main Author: Zahratul Aini, Zahratul Aini
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2018
Subjects:
RPP
KKG
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/459
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/459/444
Daftar Isi:
  • Latar belakang diadakannya Penelitian ini adalah rendahnya kompetensi guru sasaran Di SD Negeri 37 Mataram dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik dan benar yang berdampak kurang percaya diri dalam proses pembelajaran. Solusinya diadakan pendampingan baik secara kelompok maupun individu dalam penyusunan RPP yang baik dan benar. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pendampingan berbasis KKG dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP yang baik dan benar, yang bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme sebagai kepala sekolah dan bagi guru untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Hipotesis tindakan: meningkatkan kompetensi guru guru sasaran SD Negeri 37 Mataram semester satu tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyusun RPP yang baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Tahapan setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah; 1) hasil observasi Kepala Sekolah maupun observasi guru selama proses pendampingan telah memperoleh skor rata-rata >4,0,2) hasil kerja guru dalam penyusunan RPP mencapai > 85% dengan nilai rata-rata >80,00. Hasil penelitian pada siklus I observasi Kepala Sekolah rata-rata (3,20), observasi guru rata-rata (3,50) dan hasil kerja individual rata-rata nilai (61,57) dengan prosentase ketercapaian (0%). Pada siklus II observasi Kepala Sekolah rata-rata (4,50), observasi guru rata-rata (4,50) dan hasil kerja individual rata-rata nilai (85,84) dengan prosentase ketercapaian (100%). Indikator keberhasilan telah tercapai, penelitian di nyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II