Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think, Pair, Share) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Bahasa Inggris Kelas VIII Di Kelas VIII SMP N 4 Mataram Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: Ani, Andi Mas
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/333
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/333/323
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran bahasa inggris di kelas VIII SMPN 4 Mataram. Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif dalam bentuk penelitian tindakan.kelas .Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII sebanyak 29 orang ,penelitian dilakukan dalam 3 siklus , masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi,evaluasi dan refleksi.keberhasilan dalam penelitian ini tercapai apabila rata-rata skor aktivitas siswa selama proses pembelajaran di kelas minimal 3,00 (memuaskan ) dan scor aktivitas guru 3,00 (memuaskan ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus 1 adalah rata-rata 2,41(kurang memuaskan) .Sedangkan skor untuk kegiatan guru 3,00 (memuaskan).Siklus II diperoleh data aktivitas belajar siswa 3,01 (memuaskan) sedangkan kegiatan guru 3,43 (memuaskan).Pada siklus III menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Nilai rata-rata skor aktivitas belajar siswa 4,03 (sangat memuaskan) demikian juga untuk aktivitas guru 4,28 (sangat memuaskan).Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share ) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMPN 4 Mataram