PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMPN 2 WERA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: Herawati, Ety
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2017
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/32
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/32/30
Daftar Isi:
  • gambaran tentang isi atau materi dalam penelitian Tindakan Kelas ini yang berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII SMPN 2 Wera Tahun Pelajaran 2016/2017, maka dilakukan penelitian tindakan kelas, penulis memberikan suatu abstraksi sebagaimana yang telah terkandung dalam penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat mempengaruhi ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas VII.a SMPN 2 Wera Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus. Model siklus yang digunakan meliputi 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 komponen yaitu : Rencana tindakan yang akan dilakukan dan sikap sebagai solusi, Tahap pelaksanaan tindakan, (apersepsi, bagian inti, dan kegiatan penutup), Observasi, Refleksi, Berdasarkan hasil refleksi ini peneliti bersama guru melakukan revisi perbaikan terhadap rencana awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yang semula 33,33% pada siklus II menjadi 96,86 % Berarti keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation sudah baik dan di atas standart ketentuan yang diisyaratkan.