PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MENGGUNAKAN LKS PADA MATERI POKOK SEGI EMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-C DI SMP NEGERI 20 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Kurniawan, Didik
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala , 2016
Subjects:
Online Access: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/291
http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/291/282
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 20 Mataram tahun pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran matematika materi segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Adapun masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Data aktivitas belajar siswa diambil menggunakan lembar observasi sedangkan data prestasi belajar siswa diambil menggunakan tes evaluasi yang diberikan pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus I tergolong kurang aktif sedangkan pada pertemuan kedua siklus I aktivitas siswa berkategori cukup aktif. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas siswa berkategori sangat aktif sedangkan pada pertemuan kedua siklus II berkategori sangat aktif dengan skor aktivitas siswa berturut-turut adalah7,33; 8,67; 14,00; 14,33. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa rata-rata hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 78,26 dan 83,54 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 73,91% dan 83,33%. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus I ke siklus II, baik dari segi aktivitas belajar siswa maupun dari hasil belajar siswa bahwa terjadi peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada materi segi empat dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 20 Mataram tahun pelajaran 2014/2015